PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN (Rangkuman hasil diskusi)





Prinsip-Prinsip Belajar 
         prinsip itu adalah suatu aturan, yaitu pedoman bagi setiap pendidik agar proses belajar-mengajar
dapat berjalan dengan baik, menyenangkan, terarah dan sesuai dengan ketentuan.

  1. Perhatian dan Motivasi
    Perhatian itu sangat penting dalam proses belajar-mengajar, dimana seorang pendidik memberikan hatinya tulus ikhlas untuk mengajar peserta didik, mengajarkan segala ilmu pengetahuan yang ia miliki dan memfokuskan pikirannya penuh untuk mendidik/ mencerdaskan generasi bangsa, itulah bentuk perhatian seorang guru yang saya kenali. motivasi itu juga harus dimiliki oleh setiap pendidik dan peserta didik, peserta didik memiliki motivasi yang benar dalam belajar, motivasi itu adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk mengejar tinggi mimpinya.
  2. Keaktifan
    Keaktifan itu timbul dalam diri seseorang. Seseorang yang ingin berbuat sesuatu yang berbeda dari yang lain, memiliki kemauan dan aspirasinya sendiri
  3. Keterlibatan Langsung/Berpengalaman 
    Belajar itu bukan hanya teori saja, tetapi praktek itu juga lebih penting, karena dengan adanya belajar praktek, itu bisa membangun motivasi, skill dan memiliki pengalaman nyata dalam diri sesuai dengan pembelajaran.
  4. Pengulangan
    Pengulangan dalam belajar akan melatih daya-daya yang ada pada manusia yang terdiri atas daya mengamat, menanggap, mengingat, mengkhayal, merasakan, hingga berfikir yang akan membuat daya-daya tersebut berkembang.
  5. Tantangan
    Dalam pembelajaran
    akan selalu di temukan hambatan atau tantangan oleh peserta didik. Dan itu akan membuat peserta ddik lebih bijaksana/dewasa dalam menyelesaikan jenis tantangan apapun yang menghambat pembelajaran tersebut.
  6. Balikan atau Penguatan
    Nilai yang bagus didapat oleh setiap siswa yang belajar sungguh-sungguh (penguatan positif) sedangkan bagi yang tidak sungguh-sungguh dalam belajar dan mendapat nilai yang jelek dan membuat anak tersebut takut dan tidak tertarik lagi dalam belajar, ini adalah bentuk dari penguatan negatif.
  7. Perbedaan Indiviual
    setiap  peserta didik itu memiliki latar belakang yang berbeda-beda, sifat maupun kebiaaanya. Dan pendidik tidak boleh memukul rata cara pembelajaran kepada peserta didik tersebut, karna setiap perbedaan itu berpengaruh terhadap cara dan hasil pembelajaran siswa.

    THANK YOU




Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEXICOLOGY

PHONETICS

MOTIVASI DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (Rangkuman Hasil Diskusi)