MID TEST OF BELAJAR DAN PEMBELAJARAN



A take home assignment
Summited in partial fullfilment of the requirments
For the subjek of Belajar dan Pembelajaran
Devi Intan Zega
(1688203063)
3A English Department


Jika saya seorang guru, saya akan lebih membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan menjadikan peserta didik untuk lebih berkreatif dan aktif dalam proses pembelajaran. Teori yang akan saya gunakan dalam pembelajaran yaitu teori kognitif. Mengapa saya memilih teori itu? Karena teori itu lebih menekankan pada akal pikiran manusia dan juga memiliki perspektif bahwa peserta didik memproses informasi dan pelajaran melalui upayanya mengorganisir, menyimpan dan kemudian memperoleh suatu perubahan baik dalam perubahan pengetahuan, tingkah laku, keterampilan dan juga perubahan pada nilai-nilai kehidupan. Didalam model pembelajaran terdapat aspek pendekatan, cara pendekatan yang akan saya aplikasikan yaitu pendekatan individual, bahwa perbedaan individual anak didik memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi pengajaran harus memperhatikan perbedaan anak didik dan pendekatan edukatif, saya ingin menanamkan nilai-nilai sikap dan perilaku untuk menjadikan anak didik menghargai norma-norma di Bangsa kita ini. Saya lebih memilih strategi yang bersifat kontekstual, gaya mengajar yang enjoy, bahan ajar juga menggunakan media untuk pendukung penyampaian materi. Metode yang akan saya aplikasikan yaitu metode tanya jawab, bereksperimen dan diskusi, karena disitu peserta didik terlatih percaya diri dalam menyampaikan pendapat mereka. Dan seperti teknik bercerita, teknik kuis, teknik dialog dll, itu akan membuat suasana kelas akan sangat menyenangkan.  Saya lebih memilih menjadi peran seorang motivator dan fasilitator, karena saya ingin mereka bisa mandiri, percaya diri dan tidak tergantung 100% pada gurunya saja, mereka itu bisa lebih pintar dan kreatif melebihi gurunya jika mereka diberikan kebebasan bereksperimen sendiri dalam belajarnya. Masalah-masalah yang terjadi di kelas, seperti salah satu seorang murid dikelas yang suka bercerita dalam belajar, saya pindahkan dia ketempat anak yang pendiam, dan anak yang suka mencontek ketika ujian, saya memindahkan tempat duduknya menjadi yang terdepan, dan anak yang pendiam, pemalu, takut berbicara, sehabis pulang sekolah saya akan berbicara berdua dengannya, dan terus memotivasinya sampai dikelas dia berani berbicara atau sudah tidak malu lagi.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEXICOLOGY

PHONETICS

MOTIVASI DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (Rangkuman Hasil Diskusi)